Saturday, August 02, 2008

UMPTN, SPMB, SNMPTN, Lalu Apa?

MAKHLUK apakah itu SNMPTN? Saking susahnya mengeja, ada yang pakai jalan pintas untuk menyebutkannya. Senam PTN, katanya. Ya boleh juga, biar tidak lupa dan gampang menyebut.

Jumat 1 Agustus kemarin, hasil SNMPTN diumumkan. SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang baru tahun 2008 ini dipakai. SNMPTN ini pengganti SPMB, Seleksi Penemerimaan Mahasiswa Baru. Sebetulnya tidak ada yang baru, hanya beda nama, beda istilah saja.

Ingat SNMPTN, jadi ingat masa 16 tahun lalu, saat baru lulus SMA. Di zaman saya, tes masuk perguruan tinggi negeri disebut UMPTN atau Ujian Masuk PTN. Yang saya tahu, memang nama program penerimaan mahasiswa baru selalu berubah-ubah nama.
Perintis adalah nama awal seleksi masuk. Mungkin bertahan beberapa tahun, lalu berganti jadi SKALU. Saya tidak tahu apa singkatan SKALU.

Setelah itu berubah menjadi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru). Nama ini cukup lama dan beken. Baru kemudian diganti lagi jadi UMPTN. Lalu beberapa tahun lalu, berubah menjadi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Dan tahun ini menjadi SNMPTN. Intinya sama, tapi dibikin ribet oleh pemerintah.

Selepas SMA, saya tidak langsung ikut UMPTN. Tapi "menganggur" dulu selama dua tahun. Selama itu, saya berdagang beras dan gas. Tak ketinggalan, waktu-waktu senggang saya gunakan untuk memenuhi hobi saya berpetualang. Naik gunung, masuk keluar hutan, dan memanjat tebing, jadi kegiatan di akhir pekan, waktu itu.

Nah di tahun ketiga, saya memutuskan untuk kuliah. Sedikit nekat juga, karena dua tahun tidak pernah membuka buku pelajaran. Akhirnya, saya dan teman-teman Friday belajar secara intensif selama dua bulan. Dan ternyata sukses juga menembus Jurusan Sejarah Unpad. Padahal target saya masuk Biologi ITB.

Ganti tahun, ganti pula nama seleksi penerimaan ini. Berarti saya sudah dua kali mengalami generasi pengganti, yaitu generasi SPMB dan SNMPTN sekarang ini. Kira-kira tahun depan, ganti nama lagi enggak yah? (*)

No comments: