Wednesday, August 27, 2008

Bimbo dan Lagu-lagu Bulan Puasa

BULAN RAMADAN atau puasa sebentar lagi menjelang. bentuk bulan di langit sudah mulai membentuk sabit kecil, tanda akan muncul bulan baru. Kalau tidak salah perhitungan, Ramadan kali ini jatuh pada 1 September atau Senin mendatang.

Tentu banyak cara untuk mengagungkan bulan suci ini. Ibadah, sudah pasti, karena itu yang utama. Tapi tak sedikit yang memuliakan bulan agung itu dengan kemampuan mereka masing-masing, di antaranya dengan bermusik.

Sudah lazim diketahui, setiap bulan puasa tiba, suasana pun berubah menjadi religius. Coba saja tengok, tayangan sinetron di televisi yang semula penuh dengan caci maki, isinya fitnah dan pertengkaran suami istri, intrik keluarga, berubah tema menjadi lebih agamis. Tetap ada intrik-intriknya, tapi dibalut dengan busana keagamaan biar dibilang lebih islami.

Tak terkecuali musik. Musik pun mengikuti arus puasa. Beramai-ramai grup musik mengeluarkan album religi sebelum puasa tiba. Ada Gigi, Ungu, Vagetoz. Lagu-lagu seperti Pintu Sorga Gigi, atau Andai Kutahunya serta Pencari Tuhan milik Ungu wara-wiri di telinga saat puasa tahun lalu. Juga Opick Tombo Ati yang selalu mengeluarkan album sebelum Ramadan tiba. Setelah sukses dengan album-album terdahulu, kini Opick pun mengeluarkan album Cahaya Hati.

Tapi bagi saya, musik di bulan Ramadan lebih identik dengan lagu-lagu Bimbo. Mungkin karena lagu-lagu mereka sudah lama ada dan abadi. Di bulan-bulan lain, boleh jadi lagu-lagu Bimbo tidak begitu banyak diputar, kecuali di radio-radio saat ceramah pagi. Pasti lagu qasidah Bimbo semodel Mari Bergembira, Lailatul Qadar, Tuhan, Rasul Menyuruh Kita, akan sering berkumandang di setiap Ramadan.

Ah, lagu-lagu mereka memang sederhana, tapi menyentuh hati. Coba simak lagu Rindu Rasul. Saya ingat, saat konser 40 tahun perjalanan Bimbo, Teh Iin Parlina menangis saat menyanyikan lagu ini. Begitu menyentuh. Bagi yang ingin mendengar kembali suara Bimbo (Kang Syam, Acil, Jaka, dan Teh Iin) unduh saja di bawah.

1. Bimbo Innaalillah
2. Bimbo Ya Rasul
3. Bimbo Puasa
4. Bimbo Jerussalem
5. Bimbo Nikmat Ramadhan
6. Bimbo Wasiat Tuhan
7. Bimbo Tuhan
8. Bimbo Anak Bertanya Tentang Rasul
9. Bimbo Rindu Rasul
10.Bimbo Harta dan Ilmu
11.Bimbo Al Fatihah
12.Bimbo Jihad
13. Bimbo Taqobballoohu Minnaa Waminkum
14. Bimbo Selamat Datang Ramadhan
15. Bimbo Marhaban
16. Bimbo Sholawat Badar
17. Bimbo Sifat 20
18. Bimbo Do'a khatam Al-Qur'an
19. Bimbo Amanah Tuhan
20. Bimbo Balada SekepingTaman Surga
21. Bimbo Orang Beriman
22. Bimbo Sebuah Masjid

4 comments:

Anonymous said...

ehmm.... gue pengen banget dengernya lagu2 bimbo...
asyik menjlang bulan puasa ingatin akan dosa2 kita

Anonymous said...

pak. maaf.link nya gak bisa lagi yah pak? mau minta lagu2nya g bisa di download tpnya. :(

Mac said...

Masih bisa kok, saya barusan coba mendownload, ternyata bisa. Dicoba lagi saja...

insan said...

Mas, yg lagu bimbo judulnya jihad linknya udah invalid, bisa tolong reupload? Trima kasih mas...