Saturday, August 02, 2008

Heboh Rekaman Pilot AdamAir

WOW, kalau benar itu rekaman percakapan pilot dan copilot AdamAir sebelum nyemplung ke laut, tentu sangat mengejutkan. Karena hingga kini, blackbox atau kotak hitam pesawat nahas itu belum dibuka.

Tentang rekaman ini jadi heboh dan beredar di dunia maya. Kabarnya di You Tube sudah ada, tapi saya belum mengecek. Saya lihat di portal berita, juga ramai diberitakan. Juga di media elektronik, soal rekaman ini jadi pembicaraan.

Pertanyaannya apakah mungkin rekaman, kalau benar, bisa bocor padahal masih ada di tangan pabrikan pesawat di AS atau mungkin di tangan KNKT? Itu yang jadi persoalan. Secara seksama saya dengarkan percakapan itu, kok tidak mencirikan orang yang panik begitu. Biasanya kan, kalau pesawat sudah salah jalur, apalagi mau jatuh, tentu seruan SOS, Mayday Mayday bakal diucapkan dengan nada yang terdengar panik. Tapi ini tidak, biasa saja.

Soal otentisitas rekaman juga masih diragukan, termasuk oleh Roy Suryo. Roy belum bisa memastikan kebenaran rekaman itu, apakan suara si pilot AdamAir yang tewas itu atau bukan. Dia butuh suara pembanding untuk diuji pakai spektrum suara. Sayangnya, tidak ada rekaman suara si pilot dan copilot yang malang itu.

Penasaran dengan isi rekaman itu?, unduh saja di sini, AdamAir.
Setidaknya, suara-suara percakapan itu bisa kita dengar sendiri dan meyakinkan kepastian penyebab pesawat itu, kalau memang benar begitu adanya. (*)

1 comment:

Just For Music said...

mbak/mas hehehe... blognya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran
www.kumpulblogger.com