Monday, August 04, 2008

Lagu-lagu Lawas

SEMINGGU terakhir ini, speaker komputer saya di kantor memekikkan lagu-lagu lawas Indonesia. Lagu-lagu yang diputar adalah kepunyaan The Rollies, Godbless, Gank Pegangsaan, dan Koesplus. Saya memang dibesarkan di zaman lagu-lagu itu beredar. Dulu saya menyangka The Beatles menjiplak gaya bermusik Koes Plus. Padahal terbalik, justru Koes Plus yang mengikut The Beatles.

Ya, lumayanlah lagu-lagu itu bisa menyegarkan ingatan dan menumbuhkan semangat kembali. Bukankah sejarah atau masa lalu adalah batu pijakan untuk meloncat lebih tinggi dengan semangat 2008, bukan lagi 45, berbuat lebih baik lagi dengan energi terbarukan yang luar biasa? Itu maksud saya dengan mendengarkan kembali lagu-lagu lawas.

Tentu lagu-lagu itu yang mengandung unsur rock di dalamnya, seperti kesukaan saya. Musik rock tahun 70-an dan 80-an, bukanlah rock yang gahar. Rock yang easy listening dan tidak bikin telinga berdenging. Tapi rock yang garang, metal, berdentam-dentam pun saya tetap suka. Tak ada beda. Malah semangatnya sesuai jiwa zaman. Bergerak ekspresif, mencirikan jiwa-jiwa yang merdeka, tak tertindas. Pernah seorang kawan bilang,"Loe suka lagu rock, soalnya nama lu ada rocknya". Hmm, bisa juga.

Merinding rasanya mendengar kembali suara Gito Rollies, atau jeritan Deli Rollies dalam lagu Kemarau. Maklum, mereka sudah almarhum. Asyiklah dengar lagu-lagu James Brown-nya Indonesia, Bangun Sugito. Saya masih tongkrongan dia saat bermain ke rumah tetangga saya di Cimahi dan belanja di warung Bapak saya. Mudah-mudahan Alloh SWT menerima amal ibadah Kang Gito.

Lalu mendengar suara Ahmad Albar, jadi ingat nasib dia. Dulu Albar pernah menyanyikan lagu yang liriknya antara lain berbunyi : "...Sepinya hidup dalam penjara... Rasa sesal dan rasa bersalah. Bayangmu, wajahmu, datang menggoda...". Eh, ternyata dia mengalami sendiri hidup di penjara. Syukurlah, rocker gaek itu sudah bebas kembali.

Gank Pegangsaan, ini gank yang melahirkan musisi-musisi handal Indonesia. Chrisye adalah jebolan gank ini. Begitu pula dengan Fariz RM. Di bawah komando Keenan Nasution, grup yang satu ini punya daya magnet yang membuat kita lengket mendengar lagu-lagunya. Sayang, saya tidak punya banyak lagu-lagu mereka. Seadanya saja saya tampilkan di sini untuk diunduh.
Silakan:
1. The Rollies: Kemarau
2. The Rollies: Burung Kecil
3. Godbless : Huma di Atas Bukit
4. Godbless : She Passed Away
5. Godbless : Balada Sejuta Wajah
6. Gank Pegangsaan: Nuansa Bening
7. Gank Pegangsaan: Dirimu

2 comments:

Anonymous said...

Nuhun pisan Kang, informasi donlotan mp3 Kemarau.
Serasa menyaksikan acara bertemakan Lingkungan Hidup di TVRI bertahun-tahun yang lalu.

Unknown said...

hatur nuhun,lagu kemarau tos di download,
Upami lagu kemarau Dedi Stanzah,gaduh teu kang