Monday, July 14, 2008

Tentang Lagu Geby (Lagi)

SAYA baru tahu, lagu Tinggal Kenangan yang dihebohkan orang sebagai lagu Geby, ternyata sudah dibuatkan album rekamannya secara studio, oleh band Caramel dari Makassar. Seperti pernah saya tulis, Caramel Makassar ini memang mengklaim sebagai pemilik sah lagu Geby. Di sisi lain, juga ada band Caramel dari Surabaya atau Malang yang juga mengklaim pencipta awal lagu ini. (baca tulisan sebelumnya)

Yang lebih hebring lagi, di album ini Caramel menggandeng gitaris top Tohpati untuk mengiringi Tinggal Kenangan acoustic version. Mereka pun bikin lagu Geby ini dengan versi full band.

Di tangan Tohpati, lagu ini jadi punya karakter yang berbeda. Tentu lebih bagus. Denting senar gitar lebih jernih, dan suara si vokalis Caramel pun jelas. Tapi justru ada yang hilang sebagai ciri khas lagu Geby. Suara mendem, lamat-lamat seolah jauh, yang sebenarnya memunculkan nuansa mistis lagu Geby ini, hilang sudah. Orang mendengar lagu ini karena katanya nuansa mistis yang muncul itu.

Album perdana Caramel ini punya 9 lagu. Selain lagu Geby dengan dua versi itu, ada tujuh lagu lainnya, antara lain Cinta Tanpa Batas, Cerah, Hanya Lelaki, Penipu Cinta, dan sebagainya.

Tapi saya yakin, walau sudah diklaim dan dibuatkan albumnya, lagu Geby ini akan terus menuai kontroversi. Kita tunggu saja. (*)

No comments: