Thursday, July 17, 2008

Misteri Lagu "Geby" Terungkap

MISTERI lagu "Tinggal Kenangan" atau "Jauh" atau lebih dikenal sebagai lagu "Geby" akhirnya terungkap. Kini jelas sudah, penyanyi lagu Geby adalah Andi BC alias Abe. Abe adalah teman Pay, gitaris band Caramel Makassar yang juga pencipta lagu Jauh itu.

Adalah pemerhati multimedia dan telematika Roy Suryo yang meyakinkan bahwa Abe-lah yang menyanyikan lagu itu. Menurut Roy, suara Abe identik dengan suara di rekaman yang beredar di internet. Ia menganilisis menggunakan teknologi audio spectrum analizer.

Roy menyebutkan, lagu Geby yang di internet adalah hasil rekaman pada 11 Juli 2005. Selain rekaman suara, Roy pun sudah memiliki rekaman video saat Abe menyanyikan lagu ini. Lagu ini direkam, kata Roy, pada acara Sang Dipa di Kampus STIMIK Dipanegara.

Lagu 'Jauh' yang asli, katanya, hanya berdurasi 1,55 detik. Sementara lagu yang beredar di internet berdurasi 4,44 detik. Akankah perdebatan dan kontroversi soal siapa pemilik sah lagu ini akan usai setelah ada pembuktian dari Roy Suryo, kita tunggu saja lagi. (*)
Sumber: Detikcom

No comments: