Tuesday, January 01, 2008

Taon Baroe: Hoejan sama Kembang Api

WADOEH, malam taon baroe kali ni saya mesti kedinginan akibat hoejan. Poelang ke roe-mah seoesai gawe beres, pas sebeloem tengah malam ganti taon. Di loear terdengar soe-ara-soeara itoe teroempet diboenyikan sama orang. Mereka keliling kota, pake sepedah atawa mobil, gimana poenyanya kendaraan.


Alun-alun Kota Bandung dipadati ribuan warga saat malam pergantian Tahun Baru 2008.
Karena hoejan rintik sudah reda, saya poetoeskan oentoek menerobos itoe keramaian. Tak dikira, Jalan Asia Afrika ditoetoep. Semoea kendaraan dibelokkan ke Jalan Lem-bong noejoe Ciateoel. Atawa bisa belok kanan ke Jalan Dalem Kaoem. Saya ambil jalan kanan. Hitoengannya, dari Dalem Kaoem, saya mo belok ke Jalan Pasoendan. Laloe tero-bos ke Gardoedjati temboes ke Pagarsih. Dari sito gampang saja, tinggal ke Soedir-man, laloe loeroes teroes ke Cimahi.

Tapi rencana tinggal rencana. Dalem Kaoem yang dekat dengan kawasan Aloen-aloen Ban-doeng, dipadati reboean manusa. Orang-orang semoea maoenya koempoel di pelataran Mas-jid Agoeng. Roepa-roepanya, di sana ada pesta kembang api. Ditembakkan dari atas ge-doeng BRI dan Palagoena. Itu ledakan kembang api, keras nian. Dan memang indah. Di langit yang gelap, terlihat hiasan warna-warni dari itoe kembang api yang meledak.

Macetlah soedah jalanan. Semoea orang bergembira, sambil menioep itoe teroempet. Tak lama, hoejan pun toeroen. Moela-moela rintik, gerimis. Lama kelamaan, hoejan deras. Saya menyesal tak pake itoe mantel hoejan sejak dari kantor. Koeyoep soedah jaket dan celana saya.

Pagi baru 1 Januari 2008
Oentoeng, coema setengah jam tertahan macet di Aloen-aloen. Setelah terobos sana terobos sini, saya bisa joega keloear dari Aloen-aloen. Lalu melajoe teroes ke arah Ciroyom. Berhenti sebentar oentoek memake itoe mantel hoejan. Loemayan, daripada
tidak pakai. Soealnya hoejan kian deras. Saya tancap gas saja teroes poelang ke roemah. Sesampenya di roema, ternyata istri saya joega baroe sampai di roema. Boe Eri baroe poelang melipoet acara itu taon baroe di Cimahi. Sama-sama koeyoep. (*)

No comments: