Wednesday, January 30, 2008

Buku "Baru": Pesta Buku Bandung (2-Habis)

SELASA (29/1), Pesta Buku Bandung dimulai. Wow, tentu saya tak melewatkan kesempatan ini. Biasa, mengejar buku-buku yang dijual dengan diskon besar. He he..Ya apalagi, karena itulah yang sesuai dengan isi dompet.


Pesta Buku Bandung dibuka oleh Walikota Bandung, Dada Rosada. Ada sekitar 85 penerbit dari Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya, yang ikut pamera. Stan-nya kalo tidak salah ada 135 stan. Jadi satu penerbit ada yang menempati dua stan.

Saya merasa senang bisa meluangkan waktu ke Pesta Buku ini. Bukan apa-apa. Saya pasti bakal bertemu teman-teman kuliahan dulu. Mereka banyak yang berkecimpung di dunia penerbitan.

Dan memang benar. Saya bertemu dengan Dani Asmara, teman karib saya di Jurusan Sejarah Unpad. Dia sekarang pengelola Mujahid Press, sebuah penerbit buku-buku bertema Islam di Bandung. Penerbit ini awalnya merangkak dari nol. Tapi sekarang, omzetnya sudah miliaran rupiah. Dan yang lebih menyenangkan lagi, Dani memberi saya 4 buku baru. He he lumayan, tidak perlu keluar uang. Cukup pertemanan saja.

Lalu saya pun bertemu Hendra Gunawan. Nah, kalau yang ini teman satu perjuangan di Fakultas Sastra. Dia dari Sastra Arab, sama-sama angkatan 94. Kita berdua pula yang pernah sama-sama diancam akan di-DROP OUT dari Unpad. Gara-gara nekat terus
melanjutkan acara Ospek. Sampai-sampai, Bakorstanasda Jabar turun untuk menghentikan rombongan mahasiswa baru yang akan menuju ke Bumi Perkemahan Kiarapayung, Jatinangor. Pihak Dekanat dan Rektorat mencium di tubuh kepanitiaan Kansas (Kemah Anak Sastra), ada elemen kiri radikal, bahkan komunis. Mereka khawatir, elemen
ini mencekoki mahasiswa baru dengan pengaruh kiri, pada pelaksanaan Kansas. Sekarang Hendra jadi aktivis MQ (Manajemen Qalbu)-nya Aa Gym. Salah satu bidang usahanya adalah penerbitan MQS Publishing.

Saya membeli sekitar 11 buku. Kebanyakan buku tentang tasawuf. Buku terbitan terbaru adalah Novel Rahasia Meede. Ini novel memang sudah saya incar. Merupakan novel kedua ES Ito, pengarang yang secara luar biasa menjelajahi ruang sejarah dengan fiksinya.
Katanya sih isinya tentang jalan rahasia menuju harta karun tinggalan VOC. Novel pertama ES Ito adalah Negara Kelima. Yang ini bercerita tentang Benua Atlantis yang hilang, dan itu diyakini adalah Nusantara!!

Ada berkah saya mengunjungi Pesta Buku ini. Saya bertemu dengan senior saya, Kang Hikmat Kurnia, yang baru pulang dari Tanah Suci Mekkah. Dia ini Direktur Agromedia, sebuah kelompok usaha penerbitan di Jakarta. Gagasmedia, salah satu yang masuk kelompok ini. Setelah ngobrol sana-sini, Surprisenya, saya ditantang Kang Hikmat untuk membuat buku tentang Bandung Gaul dalam tempo satu bulan. Wah, tantangan yang menarik, dan saya terima. Tak terbayangkan sebelumnya, ada tawaran seperti ini. Mudah-mudahan, bisa terwujud dan saya terpacu untuk menyelesaikan buku itu. (*)

1 comment:

ZEN said...

saya kawannya hendra gunawan sastra arab angkatan 1994 nama saya ahmad zainul ihsan arif. Tolong info tentang hendra (website, sosial network, email dll). web saya ada http://www.suarablogger.co.cc