Thursday, September 11, 2008

Obama

WALLPAPER di komputer saya berganti. Kini foto Barack Obama berlatar belakang bendera AS yang mejeng. Bukan berarti saya pendukung Obama, apalagi Amerika. Kalau simpati iya. Obama mencatat sejarah sebagai calon presiden AS pertama kulit hitam. Bayangkan, di negeri yang katanya mbah demokrasi itu, baru kali ini warga kelas 2 bisa bersaing dengan kulit putih. Terlebih Obama pun pernah merasakan hangatnya matahari Indonesia, saat sekolah di Menteng Jakarta sana.

Dan kebetulan juga, sejak kira-kira setahun lalu, saya mengumpulkan berbagai foto tokoh dunia, termasuk di dalamnya Obama. Foto-foto itu untuk kepentingan pemberitaan, jika dibutuhkan. Entah untuk headshot, atau keperluan pendukung lain. Seperti halnya tempo hari saya mengumpulkan foto-foto Benazir Bhutto. Eh, tak lama Benazir kena bom.

Bukan berarti juga saya mendoakan Obama terbunuh. Seperti judul buku Kang Her "Jangan Bunuh Obama", saya berharap Obama tidak bernasib seperti John F Kennedy, orang yan diidolakannya. Obama harus benar-benar membuat perubahan bagi AS. Walaupun untuk urusan Palestina, saya tidak sepakat. Obama tetap mendukung Israel bercokol di negeri Gaza itu.

Ternyata ketenaran seorang tokoh menjadi ladang bisnis bagi yang lain. Bahkan plagiator pun ketiban untung. Seperti Aa Jimi di sini yang mirip Aa Gym, lalu Ronaldinho Sodikin van Banjaran yang mirip si gigi tonggos Ronaldinho. Di AS, ada juga orang yang mirip banget dengan Obama. Ppekan-pekan ini pun, di AS tengah ramai isu skandal seks orang yang mirip dengan Obama. Jangan-jangan si plagiat yang nongol saat konvensi Partai Demokrat itu yang bermain api, he he.

Kalau kemarin-kemarin, popularitas Obama luar biasa memukau warga AS, kini pamornya mulai tersaingi Sarah Palin, Cawapres John McCain dari Republik. Tentu karena Palin adalah perempuan, dan ternyata juga punya kapabilitas sebagai negarawan. Obama yang menggandeng Joe Bidden, maka disebut pasangan Obiden, kini harus waspada. Karena sangat mungkin dia terjungkal di tikungan terakhir, 4 November mendatang.

Kalau mau lihat foto-foto Obama waktu sekolah, kuliah, nikah, dan keluarga, tinggal unduh saja di bawah ini:
1. Tahun 1976 Obama berpose untuk buku tahunan Punahou School di Honolulu, Hawaii.
2. Tahun 1979, Obama lulus SMU disambut peluk hangat kakek dan nenek tiri Stanley Armour Dunham dan Madelyn Lee Payne Dunham
3. Obama kuliah di Harvard
4. Obama menikah dengan Michelle Robinson
5. Obama bersama keluarga
6. Obama main biliard (*)

No comments: