Tuesday, November 13, 2007

Pohon Pepaya Bercabang 5


ADA satu keunikan yang saya temukan di Kampung Bumen, Borobudur, Magelang. Tepat di pinggir kanan jalan masuk ke rumah Mbah Buyut, tumbuh sebatang pohon pepaya. Memang cuma pohon pepaya. Tapi pepaya yang satu ini beda dengan yang lain. Bercabang lima.

Ho ho, bercabang lima? Jarang bukan. Rasanya baru kali ini saya temukan pohon pepaya bercabang lima. Dan di setiap cabangnya, ada buah pepaya atau kembang yang bakal jadi buah. Saya tidak menghitung berapa banyak buah yang sudah muncul. Yang pasti, pohon pepaya yang satu ini tumbuh tinggi. Lebih tinggi dari pohon pepaya biasa.

Herannya, tidak semua orang tahu keberadaan pohon pepaya bercabang lima ini. Mbah Uti malahan tidak pecaya kalau ada pohon itu. Padahal setiap hari, lewat jalan itu. Ya, memang letaknya tidak mencolok. Berada di tengah rerimbunan tanaman pagar. Jadi agak tersamar.

Bagi saya, ini kali kedua saya menemukan pohon agak aneh. Yang pertama, tahun 2000 saya menemukan buah kelapa yang muncul di tangkai kecil yang menjulur dari batang pohon kelapa. Pohon ini tumbuh di halaman rumah bapak angkat saya, Pak Hidayat di Sangkuriang Cimahi. Foto buah kelapa ini pernah diminta wartawan Majalah Misteri untuk dipublikasikan. Sampai saya diwawancara segala. Mimpi apa semalam, sebelum menemukan buah kepala, eh kelapa itu. Ada-ada saja.

No comments: