Thursday, November 09, 2006

Simba dan Hakuna Matata


Pusat perhatian di rumah kami memang Bila. Anak usia 4 tahun yang sedang ingin serba tahu, lucu, centil kayak ibunya, tapi juga bisa judes, ngambek mlulu, jamedud haseum. Setiap kali, ada saja omongan yang baru, tingkah aneh-aneh, bikin kita bingung dari mana dia dapat kosa kata itu atau niru dari siapa.
Pagi ini, begitu bangun tidur, ia langsung menggusur saya, minta disetelken VCD Simba "Lion King". Padahal itu VCD jadul, tapi jadi favoritnya. Entah berapa puluh kali dia nonton VCD itu, sampai hapal gerak-gerik Simba saat berjalan di jembatan sambil putar kepala kiri kanan.
Jauh sebelumnya, VCD Oki dan Pangeran Volux juga jadi favoritnya. Terus VCD Si Kancil, Tweenies, dan Barbie. Memang kami sengaja menyediakan VCD-VCD itu, yang sekiranya bisa memberikan masukan atau pelajaran yang baik bagi Bila. Daripada nonton televisi Indonesia yang banyak sinetronnya, gosip, dan adegan kekerasan, lebih baik kami keluar uang untuk beli VCD.
Karena seringnya menemani Bila nonton Lion King, saya jadi hapal siapa saja tokoh dalam film Walt Disney itu. Ada Simba, si singa kecil yang kemudian tumbuh dewasa setelah berkelana keluar dari kelompoknya. Lalu ada Nala, teman Simba saat kecil dan kelak jadi istri Simba. Lalu Mufasa, ayah Simba yang tewas karena diseruduk banteng saat menyelamatkan Simba. Lalu ada Scar. Ini tokoh antagonis, paman Simba, yang ingin jadi raja hutan.
Nah, Bila ini lebih suka nontong VCD Lion King 1 1/2. Ini Lion King versi layar belakang. Yang jadi tokoh utama bukanlah Simba, tapi teman-temannya Simba saat berkelana, yaitu Timon dan Pumba. Timon adalah musang pengintai, biasanya hidup di gurun, dan Pumba adalah seekor babi hutan. Cerita tentang Timon dan komunitas musang pengintai, lalu pertemuan dan pertemanannya dengan Pumba-lah yang menjadi inti film Lion King 1 1/2.
Dari pertemanan ini, keluarlah istilah Hakuna Matata. Ini istilah spontan yang dikatakan Pumba saat Timon lagi stres. Apa artinya Hakuna Mata. Don't worry, jangan khawatir, itu artinya Hakuna Matata. Jadi kata Pumba, Hakuna Matata, jangan khawatir dengan hidup ini.
Easy going, tidak usah dipersulit, semuanya mengalir dan hadapi dengan penuh kegembiraan.
Itu barang kali, nilai yang bisa kita ambil dari Lion King 1 1/2 ini: pertemanan, kesetiakawanan, jalani hidup dengan gembira dan Hakuna Matata.

No comments: