Wednesday, November 05, 2008

Obama dan Film Deep Impact

PERNAH nonton Film Deep Impact? Film yang menceritakan sebuah komet raksasa menghantam bumi dan menimbulkan kekacauan dan kehancuran? Film yang dianggap mengikuti sukses Armageddonnya Bruce Willis. Seperti biasa, Amerika Serikat yang menjadi hero dalam film ini. Nah pernahkah memerhatikan siapa yang menjadi presiden AS di film Deep Impact ini?

Baru kali itu saya melihat dalam sebuah film Hollywood, yang menjadi presiden AS adalah seorang Negro. Dalam Independence Day yang jadi presiden adalah Bill Pulman, orang kulit putih. Sementara pemeran presiden dalam Deep Impact adalah aktor kawakan, Morgan Freeman. Wah hebat bener, orang kulit hitam jadi presiden. Film itu diluncurkan tahun 1998.

Morgan berperan sebagai Presiden Tom Beck. Kerja di film itu hanyalah rapat dan berbicara kepada wartawan. Di akhir film, Morgan eh Presiden Tom Beck menyatakan bahwa komet raksasa itu sudah diledakkan dan bumi selamat dari kiamat.

Ternyata 10 tahun kemudian film yang disutradarai Mimi Leder itu menjadi kenyataan. Bukan komet yang mau menghantam bumi, tapi Presiden AS yang berasal dari warga kulit hitam. Hari ini waktu Indonesia, Barack Husein Obama, tercatat dalam sejarah AS sebagai presiden pertama dari kalangan Negro. Ia mempecundangi dengan telak pesaingnya dari Republik, John McCain.

Hari ini perhatian dunia tertuju ke AS. Harapan sebagian besar warga dunia memang terpenuhi. Obama terpilih jadi presiden dan diharapkan benar-benar membawa perubahan bagi AS seperti yang ia dengungkan selama ini. Yes We Can, We Need Change. Dan perubahan itu sudah datang ke Amerika, begitu kata Obama.

Saya sih gak masalah, mau siapa saja jadi presiden AS. Toh enggak ada hubungannya dan tidak memberi pengaruh apapun dalam kehidupan saya. Kecuali kalau presiden AS yang baru terpilih ini datang ke rumah di Babakan Sari, lalu memberi uang untuk menyelesaikan pembangunan rumah saya, bolehlah dia punya pengaruh dalam sebuah episode kehidupan saya. Mimpinya begitu, he he .... Yang pasti koleksi foto-foto Obama bakal kian bertambah, karena pasti sebagai presiden AS banyak acara tuh.(*)


No comments: