Monday, June 30, 2008

Lagu Gaby Yang Kontroversial

KONTROVERSI lagu yang konon kabarnya dinyanyikan Gaby berjudul "Jauh Kau Pergi" atau "Tinggal Kenangan" masih terus berlanjut. Tak hanya soal siapa pencipta dan pelantun lagu misterius ini, tapi soal band yang pertama membawakannya pun masih simpang siur. Sampai-sampai, acara Silet di televisi membahasnya dalam dua kali penayangan.

Saya tahu soal kemisteriusan lagu ini sebulan lalu. Iseng-iseng cari di internet, eh dapat lagu Gaby ini. Lalu di sebuah portal berita nasional, kemisteriusan lagu ini pun diberitakan. Berbagai versi dan klaim berhamburan dari beberapa pihak.

Versi yang pertama saya dengar, konon lagu ini dinyanyikan si Gaby sebelum dia bunuh diri. Ia frustasi, karena kekasihnya tewas dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Siapa si Gaby itu juga misterius. Katanya dia ini seorang pelajar sebuah SMA. Tempat asal Gaby pun beragam. Ada yang bilang, dia berasal dari Malang, Jember, Bali, dan kemudian Jakarta. Namun saat dicek ke sejumlah sekolah di kota-kota itu, tidak ada yang namanya Gaby.



Soal cerita Gaby versi Jakarta saya dapatkan dari teman sekantor, Nanda. Waktu saya putar MP3 Gaby, dia bilang,"Oh Kang Mac punya juga. Saya udah lama punya, bulan Februari". Menurut Nanda, dia dapat lagu itu dari sepupunya via HP.

Jadi lagu misterius ini beredar dan menyebar secara ekspansif lewat infrared dan bluetooth HP serta internet. Katanya, di Jakarta, anak-anak pengamen di sana yang memopulerkan lagu ini. Di Bandung sendiri, saya belum dengar ada pengamen yang menyanyikan lagu "Jauh Kau Pergi" ini. Entah kalau dalam beberapa hari terakhir ini. Cerita versi Nanda, Gaby ini anak SMA 76 (lupa lagi saya, 76 atau 86). Dia frustasi terus bunuh diri di wc sekolahnya. Halah, semakin horor saja cerita Gaby ini.

Di Jawa Timur, lagu ini sudah beredar di radio-radio kecil sejak akhir tahun lalu. Kabarnya band Caramel asal Malang yang menyanyikannya. Tapi dari Makassar pun muncul klaim. Sebenarnya yang menciptakan dan menyanyikan lagu ini adalah band Caramel Makassar. Suara pengisi lagu adalah vokalis pertama band itu. Suara itu direkam secara tidak sengaja. Lalu setelah vokalis itu diganti vokalis baru, lagu itu ada yang menyebarluaskan.

Kini giliran band dari Cirebon, d'Clov yang mengklaim sebagai pencipta dan penyanyi lagu "Jauh Kau Pergi". Lagu itu, klaim manajer D'Clov diciptakan vokalisnya, Sujana tahun 2004. Namun lagu itu semula diberi judul "Rasa Cinta Yang Hilang" dan dibawakan secara full band.

Entah mana yang benar. Siapa sebetulnya pemegang hak paten lagu misterius ini. Yang pasti, kelompok Dewi-dewi asuhan Ahmad Dani pun sampai menyanyikan lagu ini dalam sebuah acara televisi. Mungkin karena saking terkenalnya lagu ini.
Seperti apa sih lirik dan syair lagu "Jauh Kau Pergi" itu, ini selengkapnya:

Pernah ada rasa cinta antara kita
kini tinggal kenangan
ingin kulupakan semua tentang dirimu
namun tak lagi kan seperti dirimu

oh bintangku
jauh kau pergi meninggalkan diriku
disini aku merindukan dirimu
kini kucoba mencari penggantimu
namun tak lagi kan seperti dirimu

oh kekasih
jauh kau pergi meninggalkan diriku
disini aku merindukan dirimu
kini kucoba mencari penggantimu
namun tak lagi kan seperti dirimu

oh kekasih
pernah ada rasa cinta antara kita
kini tinggal kenangan
ingin kulupakan semua tentang dirimu
namun tak lagi kan seperti dirimu

oh bintangku
jauh kau pergi meninggalkan diriku
disini aku merindukan dirimu
kini kucoba mencari penggantimu
namun tak lagi kan seperti dirimu

oh kekasih

Mau dengerin lagu ini? Download aja deh di sini.


2 comments:

Anonymous said...

Lagu Gaby ntu lagu yang paling jeleeeeeek yang pernah direkam dalam sejarah musik Indonesia modern. Jeleeeek…jelek banget.Ndeso, kamso, katrok. N gimana lagu neh populer, cara yang ditempuh juga sangat ga elegan yaitu cari sensasi sangking bingungnya ngedongkrak penjualan. Keprihatinan yang besar gw tujuin buat dunia musik Indonesia…..quality breakdown dech! Sebenernya neh, mo bunuh diri, mo nyebur bak sampah kalo lagu jelek ya tetep jelek. Apa ga malu lagu kaya gitu direkam n dijual? Akhirnya masyarakat Indonesia pada kena tipu. Mereka beli lagu neh bukan karena kualitas musikalitasnya namun mereka beli background penciptaannya. Itupun kalo bener bukan kisah karangan. Kalo ternyata cuma karangan, yaaaah dobel ketipu deh!!! Kalo gini kapan cerdasnya Masyarakat Indonesia? Hai masyarakat Indonesia....sadarlah, kalian sedang jadi korban sindikat penipuan!!! Jangan mau ditipu oy!!

Anonymous said...

G bohong,coba deh,denger lagu salah satu band g jelas dari jogja.Aku dapet cdnya dari Kakakku yang kuliah di jogja.Judul lagunya kayaknya "Aitai" .Coba diputer jam 03.13 malam.Aku denger-denger ada 3 orang kesurupan di daerah sulawesi gara-gara denger lagu mistis ini jam 03.13 malem.Kata orang pinter di daerah ku,lagu ini punya kandungan magis dari nada piano yang sepertinya mereka ambil dari salah satu kepercayaan sesat (satanis) di India.Hmmmm..Satu lagi band yang menggunakan hal magis didalam karyanya.Gosipnya juga,album mereka laku keras di Jogja,karena pake guna-guna.Hati-hatilah!!.Sudah terbukti...yessy