Thursday, October 09, 2008

Lebaran dan Ultah Kaka

LEBARAN, Idul Fitri 1429 Hijriah, jatuh pada 1 Oktober lalu. Di tanggal itu pula Kaka Bila berulang tahun yang ke enam. Tak terasa, anak sulung saya dan Bu Eri ini sudah enam tahun. Dia sudah tinggi, sudah bisa protes keras, balik bertanya, membalikkan pertanyaan pun bisa, dan sudah kuat berpuasa Ramadan walau hanya beberapa hari yang full time.

Seperti biasa, kami sekeluarga salat Ied di lapangan parkir Kampus Unjani. Kali ini lengkap. Mas Nur, Mbak Ning dan Yasmin, datang dari Tangerang berlebaran di Cimahi. Mas Rohman dan Mbak Ani, Mas Rikhan dan Teh Rina berikut anak-anaknya juga ada. Tahun lalu, kami bercerai berai, karena merayakan lebaran di kampung halaman istri masing-masing.

Yang menjadi imam salat Ied adalah Pak Dais, yang kebagian khutbah Pak Basar. Ceramah usai, kami pun bersalam-salaman, mengular, saling memaafkan. Sayang, saya tidak bawa kamera saat Ied itu. Lupa.

Nah, pulang ke rumah, kami pun bersalam-salaman dan meminta maaf pada Ibu dan Bapak, dan keluarga lainnya. Tempatnya di warung kecil, di pinggir rumah yang belum jadi. Sempit memang, tapi tetap terasa lega, karena semua sudah saling memaafkan.

Dari situ, barulah acara ultah Kaka di rumah kontrakan. Sehari sebelumnya, saya dan Bu Eri mengambil kue tart pesanan di Ny Liem. Hanya kue itu saja yang menjadi penanda ulang tahun. Tidak ada acara mengundang anak-anak sekampung atau congcot nasi kuning. Bahkan kado khusus dari saya dan Bu Eri pun tidak ada. Hanya doa dari Mbah Kakung saja yang menjadi pengantar sekaligus penutup acara ultah Kaka.

Saya bilang ke Kaka, baju-baju lebaran itu juga sudah kado dari ayah dan ibu. Jadi tidak usah sedih tidak dapat kado. Setelah itu barulah Kaka meniup lilin di kue tart. Kue-kue itu dipotong, lalu dibagikan pada keponakan-keponakan, dan anak tetangga di depan rumah kontrakan.

Ya Allah, kami bersyukur atas segala nikmat yang Engkau berikan. Mudah-mudahan kami bisa menjaga dua amanat yang Engkau berikan kemana kami. Mendidik mereka menjadi anak-anak yang solehah, menjadi pejuang bagi agamaMu. Amin.(*)

No comments: