Monday, February 23, 2009

Slumdog Millionaire: Oscar Rasa India

PERTAMA kali melihat judul film ini, saya merasa tak tertarik. "Apaan sih, slumdog millionaire, anjing kumuh yang jadi jutawan?. India lagi, gak nonton deh," kata saya waktu itu.

Saya tidak memperhatikan siapa yang jadi sutradara, editor, dll. Saya hanya lihat nama pemeran pria dan wanita, dari India semua. Tak heran, cap film India ala Bollywood lah yang membayang dalam pikiran.


Lama kemudian, baru saya membaca resensi film itu. Eeh, bentar-bentar, kok menarik juga yah. Film ini, kata resensi, bercerita tentang seorang anak yang menjadi peserta kuis milioner, mungkin semacam Who Wants to be a Millionaire. Dan berhasil, ia sukses menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis.

Namun cerita ternyata tidak berakhir semudah itu. Ketika ia sudah menjawab 19 pertanyaan dan tinggal menjawab 1 pertanyaan terakhir, disinilah inti film akan bertutur. Ya gitu lah, pokoknya mah ceritanya menggambarkan masa lalu si anak. Setiap jawaban dari pertanyaan dalam kuis itu ternyata ada kaitannya dengan jalan hidup si anak.

Dan ternyata di ajang Oscar, festival film terbeken sejagat, film ini jadi yang terbaik, mengalahkan film-film lain. Sayangnya, sampai sekarang saya belum menonton film ini. Hiks.(*)

No comments: