Saturday, February 09, 2008

Ahmad Heryawan, Cagub Termuda

TAK enak rasanya tidak menuliskan kedatangan calon gubernur Jabar yang diusung PKS dan PAN. Soalnya, saat Agum Gumelar dan Nu'man A Hakim, cagub-cawagub yang diusung 7 partai, datang ke kantor pun, saya menuliskannya. Biar berimbang dan tidak disebut partisan (he he), saya tuliskan juga kedatangan Ahmad Heryawan dan tim suksesnya ke kantor Tribun, dua minggu yang lalu.

Usianya baru 41 tahun, mungkin mau menginjak angka 42. Dibanding calon yang lain, jelas dia paling muda. Tapi keinginannya besar, dan pergaulannya luas. Sebelum mencalonkan diri jadi Cagub Jabar, Ahmad Heryawan adalah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Ia juga adalah Ketua Umum Persatuan Ulama Islam (PUI) Pusat. Dan tentu
aktivitis PKS tulen.

Saat datang ke kantor Tribun, ia hanya ditemani sekitar 5 orang lingkaran terdekatnya. Pembawaannya santai, tapi meyakinkan, dan tentu sebagai orang muda, penuh semangat. Ahmad Heryawan menuturkan bagaimana proses ia akhirnya memberanikan diri jadi Cagub. Padahal semula, PKS menyodorkan Heryawan sebagai calon wakil gubernur (Cawagub).

"Ini karena proses dan dinamika politik yang begitu berliku. Ketika Golkar tak juga memutuskan untuk mengambil saya, dan lebih condong ke calon yang lain, kami pun menjalin komunikasi dengan Dede Yusuf. Setelah sepakat, saya pun bergeser menjadi Cagub dan Dede sebagai Cawagub," begitu ringkasnya Heryawan menceritakan proses maju untuk bertarung di Pilgub Jabar.

Nawaitu besar Ahmad Heryawan adalah ingin melakukan perubahan di Jabar. Dari sisi birokrasi, tujuan pembangunan dan lain-lain. Jadi mirip jargon kampanye Barack Obama, Change!. Ia pun mengklaim sudah memiliki basis massa pendukung, seperti di Depok, Bogor (tanah kelahirannya), Bekasi, lalu Ciamis (basis Dede Yusuf), juga Pantura.

Minggu (10/2) ini pukul 13.00, rencananya pasangan Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf akan menggelar deklarasi di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Ini tentu upaya sosialisasi kepada masyarakat, agar pasangan muda ini lebih dikenal masyarakat Jabar. Untuk bertarung di Pilgub 13 April mendatang, dua orang muda ini membesut nama: Hade Pisan!. (*)

1 comment:

Indra said...

HADE? Mantapp!!!!