Wednesday, April 18, 2007

Kang Zenal dan Mukakuning


Rabu, 18 April 2007

WAKTU jalan-jalan ke Ujung Aspal tempo hari, saya sempat keliling Batamindo, sebuah kawasan industri beken di daerah Mukakuning. Di sini ada sekitar 86 perusahaan besar yang beroperasional, dengan jumlah karyawan, katanya sih 75 ribuan orang. Dan 60 ribu di antaranya adalah perempuan. Ehm...
Tapi ingat Mukakuning, jadi ingat teman saya, Zaenal. Saya lupa nama belakangnya siapa, kalo gak salah Muttaqin. Jadi Zaenal Muttaqin. Dia sempat kirim komen ke blog saya, nyebutkan dia masih ada di Batam. Waktu itu saya mikir-mikir, ini Zaenal siapa, yang mana? Apa Zaenal Arif, pemain Persib gitu? Rasanya saya gak pernah ngasih tahu blog sama si Zaenal Persib ini. Dan lagian Zaenal ini mah gaptek.
Beberapa hari saya coba mengingat-ingat nama Zaenal. Teman almamater di Sastra, Sejarah, kayaknya gak ada teman bernama Zaenal. Ada juga Zaenudin, anak Sastra Sunda. Terus saya ingat-ingat lagi, siapa tahu ada adik kelas atau angkatan yang namanya Zaenal. Tapi gak ingat juga.
Baru malam Rabu pekan lalu, saya ingat siapa Zaenal yang di Batam ini. Wah, ini pasti Zaenal, anak Fisika Tiga atau Figaro (Fisika Tiga Gagaro he he ) SMAN 2 Cimahi. Ooh, kalo Zaenal yang ini sebenarnya teman lengket juga. Cuma entah kenapa, lupa. Soalnya, dia itu udah 7 tahun meninggalkan Bandung. Sebelum ke Batam, dia pamitan sama teman-teman di Sangkuriang Cimahi. Sempat juga pinjam beberapa buku, kalo gak salah bukunya Annimarie Schimmel judulnya Muhammad, lalu buku lain. Itu buku punya Otoy (udah dibalikkin belum, Zen..?)
Jadi sori pisan, kalo saya bener-bener lupa. Saya sempat bikin NB di blog, siapa tahu dia nengok lagi blog saya dan nemuin pesan untuk menghubungi saya. Saya lalu coba SMS Otoy di Cimahi. Siapa tahu dia punya nomornya Zaenal. Eh, ternyata memang ada.
Saya lalu kirim SMS ke nomor Kang Zaenal ini.
Rupanya bersambut. Sabtu sore, Zaenal nelepon saya. Tentu senang bisa ngobrol lagi dengan teman satu ini. Bayangkan, 7 tahun tak ketemu. Tahu-tahu udah pada punya anak. Saya udah punya 2. Kang Zenal juga mau dua, Mei nanti katanya istrinya bakal melahirkan.
Kang Zenal ini kerja di kawasan Mukakuning. Saya kurang ngeh di perusahaan apa. Tapi mungkin di Batamindo itu. Sudah punya rumah rasanya. Ceritanya sih kangen juga dia balik ke Cimahi-Bandung. "Tapi gimana lagi yah, rezeki saya sudah di sini," kata Kang Zenal ini. Bener Zen, kalo sudah rezekinya di sini mah, tak apa apa jauh dari kampung halaman. Di mana-mana juga sama. Asal halal, samber saja.
Kapan-kapan kita kopi darat, Kang Zen. Mudah-mudahan minggu ini, saya bisa keliling lagi Batam. Bertemu orang-orang baru, tempat-tempat asyik, dan punya foto-foto baru. Yo cabut....


No comments: