Thursday, April 26, 2007

Homesickness




Ini penyakit rindu rumah. Kalau sedang jauh dari rumah, keluarga, istri anak, muncul perasaan ingin pulang, bertemu, berkumpul, bercanda, piknik, itulah homesickness. Ya, itu pula yang menimpa saya selama di Batam. Rasanya aneh gak mendengar teriakan Kaka Bila, tangisan Adik, atau cerewetnya Bu Eri dan Mbah Uti. Rasanya aneh, tiap pagi hari Senin, Rabu, Jumat, tak mengantar dan menjemput Kaka di playgrup.
Cara membunuh rasa rindu itu, ya telepon. Dalam sehari, bisa telepon-teleponan 3 kali. Pagi atau siang, lalu sore, dan malam. Persis kayak minum obat. Ya lumayanlah, setidaknya bisa dengar Adik baceo, kaka yang makin pinter aja.

Beberapa kali dia telepon sendiri. Rabu kemarin, katanya dia berenang sama Uwa, Teteh dan lainnya ke Tani Mulya. Pulangnya, cemberut, cape katanya. Eh terus langsung nelepon. "Ayah, aku mau ke Ancol nanti sama ayah kalo pulang". Ya, nanti tunggu ayah pulang oke?
Waktu awal-awal saya di Batam, dia juga ngomong "Ayah, aku mau duren. Beli yah". Yah, nanti tunggu ayah pulang. Begitu jawabannya, selalu. Akhirnya, karena merengek terus, Bu Eri beli duren di Superindo.
Pernah juga waktu Bu Eri telepon bicarain soal sekolah Kaka, mau lanjut di Attaqwa atau yang lain. Dia langsung ngomong "Ayah, aku gak mau sekolah di Attaqwa, gak suka. Mau di tempat lain saja". Kenapa gak suka Kak? "Pokoknya aku gak suka". Ya, sudah nanti sekolah di tempat lain.
Ya, begitulah selama saya di Batam, tetap berkomunikasi dengan istri dan anak. Biar mereka gak kehilangan Ayahnya.. He he.. Tagihan telepon jadi mahal? ya itu mah risiko lah. Makanya lebih sering Bu Eri yang telepon dari Cimahi, karena katanya lebih murah, ketimbang saya yang nelepon dari Batam.
Akhir minggu ini masa cuti Bu Eri habis. Si Adik pasti ditinggal. Persoalannya, kemarin-kemarin sempat dicoba buat ngedot. Eh Adik gak mau. Dia lebih senang ngemut jempolnya. Padahal dulu pernah ngedot ASI, dan aman-aman saja. Makanya Bu Eri lagi kebingungan, gimana nih caranya si Adik mau ngedot lagi, supaya pasokan susu tetap jalan. Lagi mo dicoba lagi ASI di dot. Kalau tetap gak mau, mungkin ganti susu dari Morinaga ke Nutrilon. Begitu rencananya.. Mudah-mudahan Adik mau..

No comments: