Monday, May 12, 2008

Dan Matahari Pun Bersujud

BEBERAPA waktu belakangan ini, saya lagi senang memotret pemandangan alam, termasuk di dalamnya matahari, bulan, langit, gunung, dan sebagainya. Ini hanya salah satu jalan bagi saya, untuk mengingat kebesaran Allah SWT. Dan betapa kecilnya diri ini.

Matahari adalah inti tata surya kita. Menjadi pusat peredaran bumi dan planet-planet lainnya. Al Qur'an beberapa kali bercerita tentang matahari dan penciptaannya, dalam beberapa surat. Namun ada satu surat khusus tentang matahari, yaitu Surat Asy Syams, surat ke 91.

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, matahari pun menaati segala perintah Allah. Matahari selalu bertasbih dalam setiap geraknya. Dan matahari pun bersujud kepada Allah. Simak hadits berikut:

Nabi SAW berkata kepada Abu Dzar ketika matahari terbenam. “Apakah engkau tahu ke mana dia pergi?” Abu Dzar menjawab, “Allah dan rasulnya lebih mengetahui.” Nabi berkata, “Sesungguhnya dia pergi bersujud di bawah Arsy dan meminta izin lalu diizinkan. Dan dia meminta izin dan tidak diizinkan. Kemudian dikatakan, kembalilah ke tempat kamu muncul dan terbenamlah dari arah baratnya.”

Indah bukan? Matahari yang terlihat perkasa di atas kepala kita, menyinari dunia dan planet lainnya, ternyata juga bersujud di hadapan Allah SWT. Apalagi kita, manusia yang terbuat dari saripati tanah, tentu harus lebih pol dalam bersujud kepada Sang Khalik.

Foto yang saya jepret tentu bukan foto seorang profesional. Ini hanya sekadar jepret sana jepret sini, jepret sebanyak mungkin, lalu ambil yang saya anggap paling bagus. Kamera yang dipakai pun hanya kamera digital poket, Canon Ixus 30. Tapi walau tidak memadai, saya senang memakai kamera ini. Simpel.
Sunset lagi
Foto ini diambil dari sisi lapangan golf Brigif II Kujang, dekat kampus Unjani, Jumat 9 Mei sekitar pukul 17.27.
Terhalang Mendung
Yang kedua ini diambil dari depan rumah, saat mendung menghalangi sinar matahari, Selasa (6/5) pagi sekitar jam 10.10.
Langit sore Dermayon
Foto yang satu ini diambil di Sumber, Kab Cirebon, Sabtu (19/5) sore.
Dermayon
Pemandangan matahari menjelang sore ini diambil dari arah Terminal Indramayu, Minggu (20/5) sore.
Matahari di Bungkirit
Ini foto diambil dari hutan kota Bungkirit Kab Kuningan, Jumat (18/5) sore, ke arah Gunung Ciremai.
Slowly, down to the earth
Foto Sunset ini diambil dari dekat lapangan golf Brigif II/Kujang, di belakang kampus Unjani, Jumat (9/5) sekitar pukul 17.25.

Foto ini diambil di Sumber Alam Cipanas, akhir April 2008.

No comments: