Monday, May 18, 2015

Legoland Malaysia, Surga Para Pencinta Lego (Edisi Jalan-jalan di Johor Bahru-4)

BAYANGKAN sebuah tempat yang dipenuhi benda-benda, dan benda-benda itu seluruhnya disusun dari lego-lego. Dari benda kecil hingga benda-besar, semuanya terbuat dari lego. Lego yang berupa kepingan kecil dari plastik itu bila disusun secara benar bisa membentuk mobil, kereta api, bangunan gedung, patung, pesawat luar angkasa, bahkan robot. Wah, pastinya itu akan membuat kagum dan tercengang yang melihatnya.

Itu pula yang  saya rasakan saat mengunjungi Legoland Malaysia di Nusajaya Johor, akhir Maret lalu. Kekaguman itu muncul karena serumit apapun benda, ternyata bisa disusun sedemikian rupa oleh lego. Tengok saja di pintu gerbang Legoland, dekat loket penjualan tiket, ada sosok anak laki-laki tengah memanjat pagar dibantu seorang perempuan cilik. Saat didekati, sosok anak laki- laki dan perempuan itu benar-benar dibuat dari lego.

Saya datang ke Legoland Malaysia bersama beberapa awak media dan agen perjalanan di Bandung atas undangan Garuda Indonesia branch Bandung dan Malaysia Tourism Board. Legoland dituju karena merupakan tempat wisata unggulan di Johor, bahkan Malaysia. Legoland Malaysia yang dibuka resmi pada 2012 ini satu-satunya di Asia dan keenam di dunia. Selama beberapa jam menjelajahi dan mencoba beberapa wahana, awak media ditemanioleh Nur Akmal Abd Hamid, akrab disapa Mel Hamid, public relations Legoland Malaysia.

Mel menjelaskan, ada tujuh kawasan wisata di Legoland, yaitu The Beginning, Lego Technic, Lego Kingdom, Imagination, Land of Adventure, Miniland, dan Lego City. "Iniluasnya 50 lapangan bola," kata Mel sambil tertawa untuk menyebut betapa luasnya lahan Legoland ini.

Mel pun mengajak kami berkeliling ke beberapa kawasan. Awalnya Mel membawa kami ke Water Park. Seperti taman air lainnya, Water Park ini pun menawarkan sejumlah wahana yang cocok untuk keluarga. Misalnya, Lazy River. Ini kolam arus yang mengeliling Water Park. Di saat kita mengalirpakai pelampung atau ban, kita bisa membuat mainan lego yang ditemukan di sepanjang aliran kolam arusitu.  Ada pula Wave Pool, ini kolam renang berombak sehingga mirip suasana di pantai. Namun karena waktu yang terbatas, kami tak sempat berbasah-basah ria mencoba wahana di Water Park ini.


Peninjauan pun berlanjut ke kawasan Miniland. Inilah pusat dari setiap Legoland Park. Di sini terdapat bangunan-bangunan dan ikon terkenal dari sejumlah negara dan kota dalam bentuk mini.  Dibuat dengan perbandingan 1:20, menggunakan lebih dari 30 juta keping Lego.

Bahkan Miniland di Legoland Malaysia ini adalah yang terbesar untuk sebuah taman baru dan membutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya.  Takheran, karena di dalamnya terdapat bangunan atau benda-benda yang sangat rumit untuk disusun, seperti kereta api dan pesawat terbang yang bisa bergerak saat tombol ditekan.

Sedikitnya ada 19 kluster bangunan di Miniland yang berasaldari 17 kota dan negara berbeda di Asia, di antaranyaTaj Mahal dan Angkor Vat. Kami pun menemukan bangunan pura Tanah Lot Bali yang terbuat dari lego.  Ada pula miniature kota Kuala Lumpur, persis seperti aslinya. Dilengkapi dengan jalan, kendaraan, dan juga orang-orang. Lalu miniatur Bandara Changi Singapura dengan pesawat terbang dan mobil  yang  bisa bergerak.

Tentu saja ikon Malaysia, menara kembar Petronas pun hadir menjulang dan menjadi lokasi favorit untuk berfoto-foto. Tinggi menara replika ini hampir mencapai 10 meter dan merupakan model bangunan Miniland tertinggi yang pernah dibuat.  Dibutuhkan sedikitnya 500 ribu keping Lego untuk membuat menara Petronas ini.

Setelah puas melihat detail kota-kota mini, kami beristirahat sejenak. Maklum, kami  menjelajahi ruang terbuka yang luas di bawah terik matahari.Walau tak sepanas Batam, tetap saja kami kepayahan saat berjalan kaki menyusuri setiap wahana lego ini.

Usai mengisi perut, kami pun menjajal Observation Tower.Ini menara setinggi 60 meter yang dilengkapi dengan tempat pengawasan yang bisa berputar 360 derajat. Dari ketinggian ini, bisa terlihat jelas seluruh kawasan Legoland.

Sebagai pusat permainan yang dirancang untuk para pencinta lego, tentu saja ada kawasan khusus untuk membuat kreativitas dari lego yang disebut Imagination. Di tempat ini ada wahana yang disebut The Built and Test Center. Kebanyakan anak-anak dan remaja yang memadati wahana ini. Mereka asyik berkreasi membuat benda apa pun yang mereka inginkan dari lego, termasuk mobil balap. Apabila sudah selesai dirakit, mobil itu bisa diluncurkan di lintasan balap yang tersedia.

Kami pun melihat-lihat juga kawasan Land of Adventure, sebuah kawasan yang diilhami dari kisah-kisah petualangan dan sejarah. Ada Pharaoh's Revenge, Lost Kingdom, Dino Island, dan Beetle Bounce. Sosok firaun raksasa menjaga pintu gerbang wahana Pharaoh's Revenge seolah menyambut para pengunjung yang akan memasuki petualangan masa Mesir Kuno.
Dan yang dinanti-nanti pun tiba. Kami menjajal Project X. Ini permainan rollcoaster yang cukup menantang dan menguji nyali. Satu unit rollcoaster hanya diisi empat penumpang. Dari wahana ini biasanya terdengar jeritan-jeritan pengunjung, antara ketakutan dan gembira. Bayangkan saja,  rollcoaster melaju kencang di turunan setinggi 18 meter membuat jantung melayang seperti hendak copot.

Dan masih banyak lagi wahana-wahana lain yang menawarkan pengalaman mengasyikkan dan juga edukasi buat keluarga di Legoland Malaysia ini. Selain wahana permainan, Legoland pun menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin menginap, yaitu Legoland Hotel dan juga Legoland Resort. Yang ingin sepuas-puasnya menjelajah dan mencobas eluruh permainan di Legoland, satu hari kunjungan memang akan kurang. Jadi menginaplah dan rasakan sensasi mainan lego di setiap penjuru kamar dan penjuru kawasan wisata. (*)
Tulisan ini dimuat di Rubrik Travelling Harian Pagi Tribun Jabar Edisi 5 April 2015.