Tuesday, May 20, 2014

Ada Gajah Mada di Cimahi (Seri Sejarah Cimahi)

MENGAPA jalan di samping Mesjid ABRI Kota Cimahi ini diberi nama Jalan Taman Gajah Mada? Bukankah, konon katanya, pascaPerang Bubat, tabu ada nama-nama berbau Majapahit, apalagi Gajah Mada di Tatar Sunda? Sebagaimana halnya tidak ada nama Jalan Pajajaran atau Siliwangi di daerah Jawa.

Tapi ternyata di Cimahi, mitos itu dipatahkan secara sederhana. Petinggi ABRI ketika itu tinggal beri nama Taman Gajah Mada, orang lalu lebih suka menyingkat menjadi Gama saja, dan tak ada masalah apapun. Nama Gama lalu beken sebagai klub basket di Cimahi. 

Saya menduga penamaan jalan ini bersamaan dengan peresmian Masjid ABRI sekitar April 1976. Mengapa tidak langsung Jalan Gajah Mada, tapi pakai Taman? Kata Taman ini saya kira untuk mengingatkan orang bahwa dulu kawasan Masjid ABRi itu merupakan sebuah taman yang disebut Wilhelmina Park. 

Lalu mengapa Gajah Mada? Lagi-lagi saya menduga, karena di "kompleks" Masjid ABRI itu banyak anggota ABRI/TNI yang berdinas di POM AD. Bukankah nama lambang POM AD adalah Panji Gajah Mada? Di lambangnya pun jelas tertera nama Gajah Mada. 

Ternyata dugaan saya ada betulnya. Seorang teman di Grup FB, Tjimahi Heritages, Kang Bambang Sutisno, menuturkan, bahwa orang tuanya adalah seorang pensiunan dari POM ABRI yang tinggal di Asrama Sub Den POM. Dan di setiap rumah asrama tersebut, ada lambang Gajah Mada sebagai lambang POM ABRI.

Menurut Kang Bambang, keluarganya pertama kali tinggal di jln T.GajahMada sekitar tahun 1974. Ketika itu, masih berupa taman, tapi tidak terawat. Tamannya dikelilingi oleh pohon perdu yang daunnya bergelombang dan berwarna merah dan hijau sampai akhirnya tahun 1975 dibangun masjid ABRI. Entah sejak kapan nama taman itu menjadi taman Gajahmada dan jalan disekelilingnya juga dinamakan jalan Taman Gajahmada..Untuk menghindari prokontra nama jalan, makanya namanya bukan Jalan Gajah Mada tapi Jalan Taman Gajah Mada. 

Adakah cerita sejarah yang lain terkait Jalan Taman Gajah Mada?. (*)

4 comments:

Anonymous said...

Di Semarang ada jl. Siliwangi, Di Surabaya dan Malang ada jl. Pajajaran, dan juga di daerah lain di Jawa tengah dan timur. Daerah Jawa yg anda maksud itu dimana?. Dari Banten sampai dengan Banyuwangi adalah wilayah Jawa

Anonymous said...

Di Bogor ada jl. Majapahit, jl. Gajahmada, dan jl. Hayamwuruk.

Moch Deffi M said...
This comment has been removed by the author.
Moch Deffi M said...

Di bandung juga ada nama JL.Padjadjaran