Friday, January 14, 2011

Mari Selamatkan Blog

HEI, ini sudah tahun 2011. Ayo dong menulis yang lebih intensif lagi. Jangan seperti tahun lalu yang hanya mengandalkan tulisan sorot untuk mengisi blog ini. Entah bagaimana nasib blog ini kalau sepanjang tahun kemarin saya tak menulis Sorot di Harian Pagi Tribun Jabar. Halaman-halaman di blog ini pasti kosong dan mungkin bertanggal tahun 2009.

Apa sih penyebab saya jadi sulit lagi menulis di blog? Peran besar ada pada Facebook. Ini seolah membenarkan tesis beberapa kalangan yang menyebutkan FB akan menguasai dunia jaring sosial sekaligus menjadi pintu kematian tulis menulis di blog. Mungkin benar mungkin juga tidak.

Sisi benarnya, ya seperti saya ini. Kuantitas menulis di blog sungguh minim. Contoh lain adalah kawan saya di kantor, Hermawan Aksan. Dia penulis novel, buku, cerpen, dll. Dia mengakui sendiri, sudah tidak pernah lagi menulis di blog sejak tahun 2009. Tapi saya tengok, setiap hari Hermawan selalu memperbaharui statusnya di Facebook.

Sisi tidak benarnya, sampai kini ternyata masih banyak yang bertahan menulis di blog. Atau sekadar bertahan, seperti saya, yang mengisi seadanya saja. Mudah-mudahan hal itu tidak terjadi. Bagaimanapun blog merupakan media yang baik untuk belajar menulis sekaligus belajar membuat sebuah situs.

Tapi kekhawatiran bahwa Facebook menjadi Kiamat Blog itu tetap ada. Mengingat Facebook ataupun Twitter kian menggurita. Jumlah penggunanya lebih dari setengah miliar. Setiap orang bisa terhubung hanya dengan sekali pencet tombol di ponsel. Beda dengan blog yang harus buka ini itu, kemudian baru menulis. Itu pun belum tentu mendapat tanggapan, kritikan, atau masukan dari orang lain.

Tahun 2011 inilah, saya kira harus dipancangkan sebagai tahun penyelamatan blog. Tetaplah menulis di blog, apapun bentuk tulisannya. MARI KITA SELAMATKAN BLOG.(*)

No comments: