Tuesday, January 02, 2007

HAJI


MUSIM haji sekarang ini mengingatkan saya saat umrah, awal Juli 2006 lalu. Memang beda antara Haji dan Umrah, tapi nilai ibadahnya sama. Yang membedakan haji itu pake wukuf dan melontar jumrah, juga bermalam di mina. Lainnya sama dengan Umrah.
Suasana Mekah dan Madinah itu yang membuat saya rindu untuk kembali. Apalagi sekarang saya sedang menggarap rubrik haji dari Qiblat Tour, tiap hari mengedit berita haji dan memasang foto Arafah, Mekah, Madinah. Wah, makin ingin saja ke sana lagi.

Ingin tawaf kembali sambil bercucuran air mata. Menghadap Allah SWT langsung di hadapan Kakbah. Siapa orangnya yang takkan bergetar saat menatap bangunan kubus ber-Kiswah itu. Semua kesombongan itu lumpuh saat berdiri di pelataran Kakbah. Saat kening ini menyentuh marmer buatan Italia di pelataran Kakbah, tak tahan air mata terus mengalir.
Ingin rasanya mencium kembali Hajar Aswad, batu hitam dari surga itu. Berjuang dengan penuh keikhlasan, itu inti dari cara kita berjibaku mencium Hajar Aswad. Ingin lagi rasanya bermunajat di Multazam, mendekap dinding Kakbah sebelah kanan Hajar Aswad. Mengalir lagi air mata ini saat bergelantungan di Kiswah Kakbah. Kapan lagi saya bisa menemui di sini, di tanah suci, tanah haram, Mekah al Mukarromah.

No comments: