Thursday, April 03, 2014

Gunung Padakasih Memprihatinkan.

GUNUNG Padakasih. Gunung ini berada di perbatasan Cimahi dengan Batujajar. Tak heran, orang Cimahi atau Batujajar sangat mengenal gunung ini. Ketinggian asal gunung ini sekitar 946 meter.

 Gunung Padakasih dilihat dari Google Maps 2014.

Berjejer bersama gunung-gunung kecil lainnya, membentuk rangkaian gunung di sebelah barat dan selatan Cimahi. Kadang-kadang, orang suka salah menunjuk Gunung Padakasih sebagai Gunung Lagadar. Padahal, keduanya berada di dua tempat berbeda. Gunung Lagadar berada di Cikuya, Nanjung. 
 Gunung Padang diliha dari arah Perumahan Sanghyang Pancanaka.

Kondisi Gunung Padakasih sangat memprihatinkan. Puncaknya sudah habis terpapas cabikan alat berat Beckhoe. Sejak lama, batu andesit Gunung Padakasih ditambang. Tidak akan lama lagi, gunung ini hanya tinggal nama. Padakasih.

Kalau menurut teman saya, Kang Deni Suwarja, yang orang Batujajar, pemilik pertambangan pasir batu itu pernah bilang: Kalau Padakasih tidak ditambang, tidak akan ada Jalan tol Padaleunyi. Mungkin memang benar, bahwa material batu pasir dari Gunung Padakasih itu digunakan untuk mengurug, mengecor, dan membangun jalan tol. 

Lalu kenapa setelah pembangunan jalan tol selesai, pengerukan dan penambangan masih terus berlangsung. Dan pertanyaan besarnya: Kok bisa yah, sebuah gunung dimiliki seseorang?. Bukankah gunung termasuk lahan yang dimiliki negara?. Kalo bisa begitu mah, saya juga mau ngaku sebagai pemilik Gunung Burangrang saja, hehe.(*)

No comments: