Saturday, April 14, 2007

Akhir Pekan Pertama



Sabtu, 14 April
AKHIR pekan pertama di Batam. Saya sudah mulai adaptasi dengan panas Batam yang menyengat itu. Kulit jadi ireng. Muka mulai mengering. Bibir mendower.. Emangna Dendeng Tukul.... Yang pasti, kalo tidur di Mess, saya ke kamar Mas Feby dulu. Mumpung dia gak ada. Nyalain AC, baru tidur. Nah, nanti subuh, ngolesed pindah kamar, ke kamarnya Edi Sijabat, kamar resmi saya di Mess Tribun Batam.
Soal makanan, tidak ada masalah, apapun bisa masuk. Dan tidak semahal yang dibayangkan. Waktu sebelum berangkat, Dade, teman di Tribun Jabar yang lebih dulu tugas ke Batam, bilang "Wah mararahal, sayur sakitu rebu, hayam sakitu rebu..". Ya kalo belinya satu ekor mah pasti mahal atuh, Jang...
Makan di kantin komplek MCP, tergolong murah. Sekali makan, sama sayur dan ayam atau ikan, cuma 6.000 perak. Ditambah T-O atau Teh Obeng, 1.500, jadi jumlah jambleh Rp 7.500.
Teh O atau T Obenk itu istilah baru di telinga saya. Waktu pertama makan di warung situ, ditanya minumnya apa. "Teh manis saja", langsung kebingungan si Enci-nya. Di sini semua teh pasti manis, sama seperti di Jawa atau Yogya. Tinggal pilih, mau teh manis panas atau teh manis dingin. Nah yang panas itu disebut T O, kalu yang dingin T Obenk..
Katanya sih istilah ini penularan dari Singapur sono...
Pernah juga Jumat kemarin, diajak makan sama Agus, redaktur Batam, sesama penghuni mess. "Makan Ayam Penyet yok" ceuk Agus. "Hah, hayam pejet..hayam kalindes treuk meureun..." Ternyata Ayam penyet itu, ya ayam goreng pake sambel goreng plus lalap sama tahu.
Si Agus nanya, kalo di Bandung disebutnya apa ayam kayak gini. "Di Bandung? Ya ayam goreng aja. Yang namanya beli ayam goreng ya pasti pake sambal goreng plus lalap tambah tahu kadang tempe. Itu udah standarnya begitu, gak Penyet penyet sagala..."
Harga ayam Penyet di kantin Rp 8.000, bari jeung sanguna bear dan ayamnya kecil mungil. Beda dengan Ayam goreng Lia di Kosambi. Jualan di gerobak, tapi top abis. Dengan duit Rp 8.000 teh bisa dapat Dada Ayam pang Mentokna...sambelna lada abis, lalapna segar, plus peuteuy kalo mau. Tapi ya jangan mimpi ketemu yang begitu di Batam.
Beberapa malam lalu, sehabis pulang dari kantor suka mampir ke tempat Bandrek. Poho deui nama tempatnya apa. Seipanas kitu.. Sei itu artinya Sungai, sama dengan Ci di Sunda mah. Jadi Seipanas teh = Cipanas. Cuma rada aneh Bandrek di sini mah. Memang rasa utamanya rasa jahe, tapi ada buih busa. Katanya diopos dengan telur, soda, plus lainnya. He he jadi aneh rasanya. Beda dengan Bandrek Hanjuang yang saya bawa, sengaja beli di Babut Cihanjuang. Top dech... Tapi lumayanlah buat mengusir angin malam mah, hangat di tenggorokan dan murilit di perut ha ha ha...
Tadi pagi saya nyoba berangkat dari mess pake angkot. Kata Mbah Roso, dia ini korlip Batam yang juga tinggal di Mess, naik saja Metro Trans. Turun di Bengkong, nanti naik angkot lagi lagi. Ada juga yang langsung lurus ke Batu Ampar, tapi rada jarang cenah.
Dari pintu gerbang komplek Mekar Tirta kitu, saya sudah ditawari sejumlah tukang ojek. Sayangnya saya memang AO alias Anti Ojek. Mending jalan lah daripada naek ojek, mun teu kapepet-pepet teuing mah..
Akhirnya saya naik angkot warna biru polet kuning. Kalo di Bandung ini angkot jurusan Ledeng-Margahayu. mirip pisan. Cuma yang di Batam mah angkot teh jenis Carry, mun di Bandung mah si monyong hidung..
Putar-putar, tinggallah saya sendiri penumpang di angkot. Tak berapa lama, tiga anak SMP naik. Lihat kiri kanan, di plang toko ada tulisan Bengkong. Oh berarti ini Bengkong teh. Turun weh bareng dengan anak SMP itu.
Nah dari sini mulai bingung, kamana yeuh. Telepon dulu temen anak Tribun Batam. Informasi mengalir, tapi tetep lieur. Akhirnya nanya sama tukang drum di pinggir jalan, kalau mau ke Batu Ampar naik angkot yang mana. "O itu bang, pake mobil biru yang lis-nya hijau". Emm, maksudna mah meureun nu polet hejo.
Datang angkot ber-lis hijau, belok ke Bengkong Shopping Center, terus muter. Melewati Jodoh Center, ke jalan gede pinggir kantor Sijori Mandiri. Muter ke arah Batu Ampar, dan akhirnya sampe deh di pertigaan Komplek MCP. Dari sini tinggal jalan, 50 meter, langsung ke Kantor Tribun Batam. Gak susah ternyata..

No comments: